Senin, 18 Mei 2009

Tips Agar Selalu Semangat Dalam Membaca Al-Qur'an

Al-Qur’an adalah kitabullah yang berbahasa Arab yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW untuk disampaikan kepada umat manusia sebagai rohmatan lil ‘alamin, yang terkandung di dalamnya nilai-nilai luhur, sumber ilmu pengetahuan, penyempurnaan kitab-kitab yang terdahulu, dan bagi yang membacanya mendapatkan amal kebaikan.

Tips agar selalu semangat dalam membaca Al-Qur’an :

  1. Ingin mendapatkan ridho Allah SWT. Sehingga harus menanamkan pada hati kita bahwa membaca Al-Qur’an bukan semata-mata berlomba mengkhatamkan Al-Qur’an tetapi selalu diikuti memahami & mengamalkan isi Al-Qur’an.
  2. Mengetahui keutamaan dan kemuliaan membaca Al-Qur’an.
  3. Merasa kurang fasih/belum merasa benar dalam membacanya (ilmu tajwid), sehingga timbul untuk mempelajari lebih dalam lagi.
  4. Sering belajar bersama (sema’an) dalam membaca Al-Qur’an sehingga mengetahui kesalahan-kesalahan dalam membacanya, sehingga timbul untuk selalu memperbaiki kesalahan itu.
  5. Ingin mengetahui dan menggali ilmu pengetahuan (modern) yang ada di dalam Al-Qur’an, karena Al-Qur’an cocok disegala zaman. Contoh : Astronomi, Manfaat Lebah dan lain-lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar